Pertanyaan yang mungkin sering Anda tanyakan adalah “kapan harus mengganti shockbreaker mobil?” terlebih lagi bagi Anda yang masih cukup awam dalam dunia otomotif.Shockbreaker merupakan komponen yang penting dalam sebuah kendaraan roda empat. Bisakaki utama yang menyangga rapuh atau sudah aus, maka bisa dipastikan badan mobil yang disangga akan terasa kurang stabil dan oleng. Oleh karena itu shockbreaker harus dirawat dengan baik agar fungsinya tetap bisa maksimal.

Bahkan jika perlu, Anda bisa mengganti shockbreaker lama dengan yang baru. Lalu, kapan ya waktu yang paling tepat untuk melakukan penggantian shockbreaker?Ternyata ada beberapa indikasi yang menjadi patokan bagi Anda untuk menggantinya. Secara teori, shockbreaker harus diganti jika kendaraan Anda sudah dipakai untuk melibas jalanan sepanjang 20.000 kilometer. Namun takaran tersebut tidak pasti karena kondisi jalanan yang ditempuh setiap mobil berbeda +– beda.

Mobil yang sering dibawa untuk berkendara dimedan berat dan terjal tentunya memerlukan penggantian shockbreaker yang lebih sering dibandingkan dengan kendaraan yang hanya dipakai untuk berkendara di jalanan aspal. Shockbreaker yang sudah lemah biasanya akan membuat mobil menjadi kurang nyaman dikendarai. Mobil akan terasa keras atau malah berguncang – guncang keras ketika sedang dipacu di jalanan yang tidak rata.

Guncangan yang terlalu besar akan menyebabkan mobil jadi susah untuk dikendalikan ketika dibawa untuk bermanuver atau berbelok. Jika shockbreaker Anda sudah mengeluarkan oli hingga menetes, maka itu tandanya shockbreaker mobil Anda sudah perlu diganti. Oli yang merembes keluar adalah tanda bahwa shockbreaker sudah bocor dan sebaiknya diganti. Tes yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kualitas shockbreaker adalah dengan mencoba menekan nya.Shockbreaker yang sehat biasanya akan memantul sekali saja.

Jika gerakan memantul terjadi lebih dari satu kali, maka sudah saatnya Anda menganggarkan biaya tambahan untuk mengganti shockbreaker dengan yang baru. Nah, dengan mengetahui berbagai tanda yang mengindikasikan shockbreaker kendaraan harus diganti, Anda bisa mencegah kerusakan yang lebih para pada kendaraan Anda.

Perhatikan baik-baik bila tanda-tanda mobil yang di sebutkan di atas sudah terjadi pada mobil anda segeralah bawah mobil anda ke bengkel yang sudah anda percaya untuk memperbaiki mobil anda .dan paling penting jaga mobil anda dan selalu rawat mobil anda agar tidak mudah rusak .

Leave a Reply