Air Terjun Keren Di Bali Yang Gak kalah Keren Dengan Air Terjun di Tempat Lain

Pulau Dewata Bali juga memiliki daya tarik objek wisata alam selain pantai, salah satunya adalah air terjun alami. Jika anda saat ini sedang merencanakan liburan dengan mengunjungi tempat wisata air terjun di Bali, lanjutkan membaca halaman ini! Karena anda akan menemukan informasi mengenai objek wisata air terjun yang paling terkenal dan favorit wisatawan saat liburan di Bali.

Air Terjun Di Bali

Tempat Wisata Alam Di Bali Selain Pantai

Banyak alasan yang menyebabkan wisatawan ingin liburan di Bali. Seperti faktor keamanan, seni dan budaya, fasilitas pariwisata yang sudah tersedia dan memadai, serta tempat wisata alam yang pulau Bali miliki. Sebagian besar pilihan tempat wisata alam yang wisatawan kunjungi saat liburan adalah tempat wisata pantai di Bali. Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah pulau Bali untuk tempat wisata alam yang menarik dikunjungi hanya pantai? Jawabannya tentu tidak!

Selain objek wisata pantai, pulau Bali juga memiliki objek wisata alam lain yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti:

  • Sungai, biasanya digunakan untuk aktivitas Bali rafting tour.
  • Objek wisata danau alami seperti di danau Beratan Bedugul.
  • Pemandangan pegunungan seperti yang ada di tempat wisata Kintamani.
  • Tempat wisata sawah terasering seperti objek wisata sawah berundak Tegalalang.
  • Pemandangan air terjun alami.

Air Terjun Di Bali Dan Lokasinya

Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata air terjun alami tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar tempat wisata air terjun di Bali letaknya berada di Bali utara, tepatnya di kabupaten Buleleng. Jika anda menginap di kawasan tempat wisata Bali selatan, untuk sampai ke kabupaten Buleleng, akan memerlukan waktu tempuh rata-rata 2 – 3 jam perjalanan. Karena lokasi kabupaten Buleleng lumayan jauh dari kawasan objek wisata Bali selatan, maka kami sarankan anda menggunakan jasa sewa mobil murah dengan supir di Bali, agar anda dapat beristirahat di mobil saat perjalanan menuju lokasi air terjun.

Sebagian besar lokasi air terjun alami di Bali lokasinya masih tersembunyi walaupun tidak semua. Selain itu, untuk menemukan lokasi air terjun alami yang tersembunyi, anda harus berjalan kaki melewati hutan lebat, jalan setapak serta sungai. Jika anda menyukai petualangan, maka rintangan alam untuk menemukan lokasi air terjun adalah bagian dari liburan.

Daftar 5 Tempat Wisata Air Terjun Di Bali

Untuk membantu anda yang ingin liburan ke tempat wisata air terjun di Bali, dibawah terdapat daftar 5 tempat wisata air terjun di Bali untuk rekomendasi tempat wisata alam yang layak anda kunjungi.

Informasi lebih mendetail dari masing-masing air terjun telah kami tuliskan dihalaman lain di situs ini. Jadi anda hanya perlu mengklik link masing-masing air terjun di Bali untuk mendapatkan informasi detail, seperti peta lokasi, biaya tiket masuk dan daya tarik.

1. Air Terjun Gitgit

air terjun gitgit buleleng

Photo credit via instagram@davidborsodi

Objek wisata air terjun Gitgit lokasinya sangat mudah diakses karena berdekatan dengan jalan raya utama yang menghubungkan kabupaten Buleleng dengan tempat wisata Bedugul. Letaknya berjarak 11 kilometer dari kota Singaraja, ibu kota kabupaten Buleleng. Jika dari kawasan tempat wisata pantai Kuta, akan menempuh jarak sekitar 76 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh 2 jam 30 menit. Kemudahaan akses menuju lokasi air terjun, membuat air terjun Gitgit menjadi objek wisata air terjun yang paling terkenal di Bali. Air terjun Gitgit memiliki tinggi sekitar 35 meter yang dikelilingi pepohonan hijau.

2. Air Terjun Melanting & Munduk

Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk

Kedua air terjun lokasinya berada dataran tinggi di tengah hutan trofis di desa Munduk kabupaten Buleleng. Antara air terjun munduk dan air terjun Melanting, yang lebih banyak mendapat kunjungan wisatawan adalah air terjun Munduk, karena lokasinya lebih dekat dengan jalan raya. Untuk mencapai lokasi air terjun Munduk dari jalan raya, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 300 meter melewati jalan setapak. Air terjun Munduk memiliki tinggi kurang lebih 15 meter. Di area sekitar air terjun Munduk terdapat sebuah tempat makan. Untuk mencapai air terjun Melanting dari lokasi air terjun Munduk, anda harus berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer.

3. Air Terjun Yeh Mampeh Les

air terjun les buleleng
Lokasi air terjun Yeh Mampeh terletak di sebuah desa bernama Les, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Yeh Mempeh jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya air terbang. Jika anda memiliki pertanyaan, dimanakah air terjun tertinggi di Bali, jawabannya adalah air terjun Yeh Mampeh Les. Air terjun Yeh mampeh memiliki tinggi 30 meter dan lokasinya sangat tersembunyi.

4. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul Bali

Air Terjun Sekumpul Bali @photographylife.com

Air terjun Sekumpul, sesuai dengan namanya ada di desa Sekumpul, kabupaten Buleleng. Banyak wisatawan yang menyebut air terjun sekumpul sebagai air terjun terindah di Bali. Namun untuk dapat melihat secara langsung air terjun Sekumpul, perlu usaha, tekad dan menyukai aktivitas trekking. Untuk mencapai lokasi air terjun Sekumpul, pengunjung harus melewati jalan setapak, batu licin, dan menyeberangi sungai. Apabila anda takut tersesat, anda dapat meminta dan membayar jasa penduduk lokal setempat untuk memandu anda menuju lokasi air terjun Sekumpul.

5. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan Kemenuh

Air Terjun Tegenungan Kemenuh

Lokasi air terjun Tegenungan lokasinya di wilayah Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, jadi tidak berada di dataran tinggi, seperti lokasi air terjun yang ada di Bali utara. Karena lokasi air terjun berdekatan dengan objek wisata yang ada di kabupaten Gianyar seperti, pasar seni Sukawati, Bali zoo park. Membuat air terjun Tegenungan menjadi lokasi alternatif wisatawan yang ingin melihat air terjun alami namun tidak ingin menempuh perjalanan jauh ke Bali utara. Di sekitar objek wisata air terjun Tegenungan terdapat pemandangan pepohonan hijau dan mata air alami.

Nah itu dia destinasi wisata air terjun di bali,semoga bermanfaat

Leave a Reply